File yang Sudah Dihapus Masih Tersimpan di Cache Browser

Tahukah kamu file atau data yang sudah didelete/dihapus masih tersimpan dalam bentuk cache/tembolok di browser seperti firefox?

Apa yang dimaksud dengan cache atau tembolok? Cache dalam teknologi informasi adalah mekanisme penyimpanan data sekunder berkecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan / instruksi yang sering diakses. (wikipedia)

Setiap data/file yang pernah dibuka atau berada di suatu komputer memiliki cache di browser. Tampilan cache cuma berisi tulisan tanpa gambar.  Berikut beberapa karakteristik cache yang saya ketahui dari trial dan error:

1. File berupa gambar dan video tidak terbentuk cache, namun bisa tampil dalam bentuk thumbnails pada hasil pencarian meskipun sudah dihapus.

2. File berupa doc, rtf, ppt, txt dan sejenisnya akan terbentuk cache ketika dibuka. Jika file ini hanya mampir sebentar dalam USB tanpa dibuka maka tidak akan terbentuk cache.

3. File yang dilindungi pasword misalnya doc. akan terbentuk cache dan terindeks mesin pencari jika disimpan sebelum ditambah pasword.

Dengan adanya cache ini, maka file yang sudah dihapus dari komputer masih bisa diakses isinya lewat cache. Manfaatnya mungkin bagi yang kehilangan data masih bisa mencoba mengakses data yang hilang melalui cache. Kerugiannya adalah jika data yang dihapus adalah rahasia dan ternyata masih bisa diakses oleh orang lain. Oleh karena itu, waspadalah saat membuka file yang bersifat rahasia di komputer orang lain.

Bagaimana mensiasatinya? Hapus cache pada browser jika Anda tidak suka. Pada artikel berikutnya, saya akan menulis cara menghapus cache pada Firefox.
cache, tembolok, google desktop, firefox
Cache sebuah rtf
cache, tembolok, google desktop, firefox
Cache sebuah pptx

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
December 31, 2012 at 9:04 PM delete

Siip informasinya mbak. Happy New Years 2013

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon