Menambahkan Admin Baru Pada Blog

Mungkin tidak banyak yang tertarik dengan artikel ini, karena para blogger lebih cenderung mengatur blognya sendiri tanpa campur tangan orang lain. Saya pun juga begitu. Tapi bukan berarti ini tidak berguna lho. Saya sudah merasakan manfaatnya yang cukup besar.

Hal ini bermula ketika saya memutuskan untuk mulai blogging lagi. Ternyata saya sudah tidak bisa login ke akun blogger menggunakan email yahoo saya. Saya coba berbagai kombinasi pasword, namun tetap gagal. Saya sempat berpikir mungkin blogger tidak mendukung email yahoo lagi. Berhubung blog lama saya nilai sudah tidak relevan dengan keadaan saya sekarang, saya berpikir untuk membuat akun baru, toh gampang. Saya pun membuat email gmail baru yang ternyata perlu verifikasi lewat handphone dan akun blogger baru. Semua lancar.

Berikutnya saya mulai berpikir untuk daftar Google Adsense maka saya pun mendaftarkan blog baru saya yang berumur 1 bulan. Waktu itu saya belum tahu bahwa pendaftaran adsense sekarang lebih sulit dibandingkan dulu. Namun ketika saya mendaptarkan blogspot, dimintanya daftar adsense lewat blogger. Sayangnya begitu saya masuk blogger tidak ada fitur untuk daftar adsense. Ketika saya ingat-ingat, pada blog lama saya yakin dulu ada fitur tersebut. Tapi sayang saya tidak bisa login ke akun lama.

Saking inginnya daftar adsense, saya tidak menyerah. Saya kembali mendaftar dengan email gmail tersebut namun dengan blog wordpress saya. Sebenarnya ini adalah blog lama yang tidak terurus dengan jumlah posting 1. Pendaftaran pun berhasil, tinggal menunggu diterima atau tidak.

Karena ada pernyataan diterima atau tidak, saya ragu sendiri dengan blog yang saya daftarkan. Sambil menunggu, saya pun menambahkan posting dengan cara copas dari blog saya yang lain hingga jumlah posting menjadi 5. Terkesan memaksa sekali memang.

Belum sampai satu hari, saya membuka email yang saya daftarkan ke adsense. Ternyata sudah ada email dari adsense dengan subjek yang mungkin sudah bisa Anda tebak. Permintaan Anda ditolak. Saya kecewa, namun tidak terlalu karena saya sadar bahwa blog yang saya ajukan memang tidak layak.

Saya membuka email dari adsense, dan ternyata ada berita gembira di sana. Permintaan saya ditolak bukan karena blog yang tidak layak, namun karena data yang saya masukkan sama dengan sebuah akun adsense yang sudah diterima dan itu adalah akun saya yang lain.

Dengan senang hati saya login ke akun adsense saya yang sudah diterima. Alhamdulillah saya tidak lupa passwordnya, jadi tidak masalah. Saya pun mulai memasang adsense pada blog saya yang baru, dan di sinilah masalah baru mulai timbul.

Akun adsense dan akun blogger saya beda email. Artinya saya harus login ke adsense, merangcang iklan, mendapatkan kode HTML, lalu log out. Kemudian login ke blogger, memasang script, jika ternyata tidak cocok atau ingin menambahkan sesuatu yang baru lagi, saya harus log out dan login ke adsense lagi. Cukup melelahkan.

Saya mencoba menambahkan kontak baru pada adsense. Memang berhasil, namun ini hanya kontak, email untuk login tidak berubah.

Suatu ketika adik saya mengusulkan untuk menambah admin baru pada blog. Kebetulan waktu itu saya sedang otak-atik tampilan baru blogger. Dan saya pun mendapatkan jawaban atas permasalahan saya. Menambahkan akun untuk adsense sebagai admin pada blog saya sehingga saya bisa mengorganisir keduanya dengan satu email.

Ok, cukup curhatnya dan mulai masuk ke intinya. Berikut langkah-langkah menambahkan admin baru pada blog.

Login ke dasbor --> pilih setelan --> tambahkan penulis
Admin Baru, Blogspot
Masukkan email yang ingin dijadikan admin baru--> Ok (dalam hal ini saya menambahkan email adsense saya)
Admin Baru, Blogspot
Login ke email yang diundang--> buka email dari akun yang mengundang --> klik link yang diberikan --> login ke blogger (atau buat akun blogger jika belum ada) --> email baru sukses menjadi penulis baru di blog tersebut.

Karena posisinya masih sebagai penulis, jadi cuma bisa posting atau mengedit tulisan dia sendiri. Untuk mengubahnya menjadi admin teruskan langkah berikut.

Login ke blogger dengan akun admin blog --> dasbor --> setelan --> ubah posisi penulis menjadi admin.
Admin Baru, Blogspot
Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon