Pengertian dan Fungsi Meta Tag

Pengertian dan Fungsi Meta Tag. Meta tag adalah teks tersembunyi yang ditempatkan pada bagian HEAD dari halaman HTML. Meta tag berfungsi untuk digunakan oleh sebagian besar mesin pencari dalam mengindeks website berdasarkan kata kunci dan deskripsi. Sangat penting untuk menggunakan meta tag sebagaimana menggunakan Judul jika berharap untuk ditemukan oleh mesin pencari. Meskipun begitu, meta tag bukanlah satu-satunya yang akan dilihat oleh mesin pencari ketika meranking suatu situs. Beberapa mesin pencari akan mengacuhkan meta tag sama sekali. Kebanyakan mesin pencari juga akan mengindeks body teks.

Beberapa komponen penting yang ada pada meta tag yaitu :

1. Judul Laman

Ini adalah elemen terpenting. Semua mesin pencari akan membaca judul. Buatlah judul yang benar-benar menggambarkan isi suatu situs dengan mengandung keyword yang sesuai yang terdapat pada isi laman.

2. Meta tag deskripsi

Berisi deskripsi yang koheren dengan situs. Dalam uraian singkat, masukkan juga beberapa keyword penting yang juga terdapat pada konten laman. Kebanyakan mesin pencari menggunakan meta tag deskripsi.

3. Meta tag keyword

Keyword meta tag masih digunakan oleh banyak mesin pencari. Isilah dengan keyword yang sesuai dengan isi situs. Untuk hasil terbaik, pilihlah 12 keyword yang paling populer dan relevan dengan situs. Idealnya, keyword terdiri dari 2 atau 3 kata. Masing-masing keyword dipisahkan oleh tanda koma. Pastikan bahwa keyword yang digunakan terdapat pada judul, deskripsi, dan konten laman. Apabila tidak, jangan tambahkan kata tersebut, sebaliknya situsmu bisa dianggap spam. Urutan juga berperan penting, yakinkan bahwa kamu mengurutkannya dari yang paling penting. 

Pengertian dan Fungsi Meta Tag
4. Meta Tag Robot

Untuk memberi tahu mesin pencari apakah laman boleh diindeks atau tidak.

5. Meta Tag Author

Sebenarnya tidak terlalu penting, namun berguna untuk membantu namamu atau nama perusahaanmu untuk dikenal.

Selain meta tag di atas, ada meta tag lain yang bisa ditambahkan seperti Copyright, language, dan lain-lain. Jika ingin ditambahkan tidak masalah, yang paling penting menurut saya adalah 5 di atas.

Untuk memasang meta tag, kamu bisa membuat meta tag sendiri atau menggunakan meta tag generator. Yang paling penting, setelah memasang meta tag, lakukan meta tag analisis.


Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

7 komentar

Write komentar
December 26, 2012 at 9:32 PM delete

Ow gitu ya,,, Thank's sob atas info'a ini sngat mmbantu...

Reply
avatar
July 11, 2013 at 8:48 PM delete

Terima kasih atas apresiasinya,,,,

Reply
avatar
July 29, 2013 at 5:12 AM delete

Sangat membantu nie.
makasih ude di share

Reply
avatar
October 15, 2013 at 11:12 AM delete

wah manteb sekali sob, lengkap infonya :D

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon