Antivirus Bawaan Windows 8, Windows Defender

Berbeda dengan windows sebelumnya, windows 8 memiliki antivirus bawaan sendiri sebagai sistem keamanannya. Anti virus tersebut bernama Windows Defender. Saat windows 8 terinstal di suatu PC, maka anti virus ini juga ikut terinstal.

Lalu perlukah menginstal anti virus lain di windows 8?

Sewaktu belum tahu akan adanya windows defender, saya mencoba menginstal avira di windows 8 punya ayah saya. Setelah instalasi berhasil dan dilakukan scan, ditemukan beberapa file sistem yang dianggap terserang virus. Seperti biasa, saya memilih repair atau quarantine demi keamanan PC, kamudian melakukan restart.

Ketika menghidupkan PC, saya tidak bisa masuk ke windows 8. Selalu menuju halaman blank lalu sign out dan tidak ada yang bisa dilakukan, bahkan shut down. Saya pun bertanya pada teman dan browsing di internet. Ternyata juga ada yang mengalami hal serupa setelah menginstal avast.

Dengan berbagai cara akhirnya saya berhasil melakukan restore pada PC tersebut seperti sebelum terinstal avira.
Antivirus Bawaan Windows 8, Windows Defender

Antivirus memang penting. Dan sebagai windows yang memiliki antivirus bawaan sendiri, mungkin ada beberapa hal yang tidak cocok antara windows 8 dan avira. Saya bukan ahlinya yang bisa menyatakan apakah yang terdeteksi oleh avira tersebut memang terinfeksi atau tidak. Tapi berhubung PC saya tetap berjalan dengan normal, saya percayakan kembali keamanan PC pada antivirus bawaan windows 8, Windows Defender.

Dan seperti halnya antivirus lainnya, Windows Defender tetap memerlukan update demi keamanan PC .
Baca Juga

Post a Comment

1 Comments

  1. Sama bro. Btw, gimana caranya bisa uninstall AVIRAnya. Ini Avira justru sangat menganggu di Windows 8. Jadi gak bisa update ke windows 8.1 juga nih. Makasih

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar