Manfaat Menyimpan Foto di Internet

Masih berhubungan dengan artikel sebelumnya, dimana Samsung Galaxy Tab saya tidak bisa menyala. Meskipun akhirnya saya berhasil mengatasinya, namun semua data yang ada di sana hilang tak berbekas. Padahal waktu itu saya baru saja jalan-jalan ke Malang dan masih banyak foto-foto lain yang belum di back up. Hanya tiga foto yang waktu itu sempat saya upload ke Facebook.

Oleh karena itu, muncul ide untuk menulis artikel tentang menyimpan foto di internet.

Sekarang ini berbagai aplikasi di gadget sejenis android menyediakan fasilitas sinkronisasi foto. Seperti halnya aplikasi facebook yang memungkinkan sinkronisasi sehingga semua foto yang diambil akan otomatis terupload ke facebook. Untuk menjaga privasi, foto akan tetap bersifat pribadi sampai pemilik akun memutuskan untuk membagikan foto tersebut kepada orang lain.

Penyimpanan langsung foto ke internet menurut saya memiliki manfaat yang besar. Diantaranya adalah sebagai berikut

1. Bisa diakses dimana saja selama ada koneksi internet
2. Mudah berbagi dengan orang lain
3. Menghemat harddisk untuk menyimpan data
4. Sebagai backup apabila terjadi masalah pada harddisk yang kita miliki

Manfaat ke empat sangat saya rasakan saat tablet saya error beberapa hari yang lalu. Foto yang saya upload ke facebook bisa terselamatkan, sedangkan sisanya sudah tidak ada harapan.

Manfaat Menyimpan Foto di Internet


Untuk menjaga privasi, saya sendiri tetap tidak mengaktifkan sinkronisasi pada gadget yang saya miliki. Hanya foto-foto yang dirasa pantas saja diupload ke internet. Bahkan karena tidak mau dianggap terlalu narsis, beberapa foto saya simpan secara pribadi atau tidak bersifat publik. Hanya saya saja yang bisa mengakses foto tersebut.

Ada pun beberapa tempat favorit saya untuk upload foto adalah sebagai berikut

1. Facebook
Proses upload yang mudah menyebabkan facebook menjadi tempat favorit saya. Selain itu setiap album bisa diatur privasinya dan dirubah kapan saja. Bahkan setiap foto bisa diatur siapa saja yang boleh melihatnya.

2. Picasa
Sebenarnya saya tidak langsung upload foto ke picasa, tapi lewat akun blogger saya. Semua foto di blog masuk ke picasa. Asiknya lagi, saat menggunakan android, saya bisa mengakses foto di picasa walaupun tanpa koneksi internet.

Beberapa tempat penyimpanan foto online lain yang bisa digunakan diantaranya:
1. Photobucket
2. Instagram
3. Pinterest
4. dll

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

8 komentar

Write komentar
ikank
AUTHOR
July 13, 2013 at 2:57 AM delete

Sebagai media album photo online yah .. hehe jadi ga usah repot repot nyimpen poho kita di hardisk yang takutnya malah ke hapus pas nginstal hehe

Reply
avatar
Ansory Esce
AUTHOR
July 25, 2013 at 12:49 AM delete

Saya setuju bngt, lebih aman memang di upload di internet. Yang mungkin saja smpai hari tua nanti foto2 kita msh bs kita nikmati :). Kalau disimpan di flashdisk apalagi kartu memory gk jamin msh ada smpe 5thn kdpan

Reply
avatar
Ansory Esce
AUTHOR
August 24, 2013 at 9:01 AM delete

Kalau berkenan ditunggu kunjungannya diblog saya mbak :) saya akan senang

Reply
avatar
August 31, 2013 at 8:57 PM delete

menyimpan foto di internet jga harus hati".. takut" di edit dan di perburuk -_-

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon