Download KBBI Offline Untuk Android

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Ini adalah isi Sumpah Pemuda yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua.Salah satunya membahas tentang bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia. Meskipun sebagai bahasa persatuan, Bahasa Indonesia bukanlah bahasa ibu yang digunakan oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Karena pada kenyataannya orang Indonesia menggunakan bahasa daerah masing-masing sebagai pengantar komunikasi sehari-hari.

Orang Jawa berbicara Bahasa Jawa, orang Sunda dengan Bahasa Sunda, begitu pula orang Aceh, Padang, Bugis, dan termasuk saya orang Banjar dengan Bahasa Banjar. Meskipun nomor dua jika dibandingkan bahasa daerah, bahasa Indonesia memiliki keunikan di mana bahasa yang hanya digunakan pada kesempatan resmi maupun buku-buku ini dipahami oleh hampir seluruh rakyat Indonesia. Ini adalah suatu keunikan yang tidak dimiliki oleh bahasa lain di dunia.

Walau pun dipahami oleh seluruh bangsa Indonesia, Bahasa Indonesia tetap menjadi pelajaran wajib di sekolah. Karena sekali lagi masih banyak kosakata yang ternyata kurang dipahami oleh masyarakatnya. Sebagai contoh adalah kasus yang baru terjadi akhir-akhir ini, yaitu dengan mewabahnya kata-kata kontroversi, konspirasi, dan kudeta.

Sebenarnya kata-kata tersebut berasal dari kata-kata asing yang sudah diserap ke dalam Bahasa Indonesia. Untuk mengetahui makna sesungguhnya dari kata-kata tersebut adalah dengan membuka Kamus Bahasa Indonesia atau lebih lengkapnya dengan membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Download KBBI Offline Untuk Android

Kenyataannya lagi penduduk Indonesia lebih banyak yang memiliki Kamus Bahasa Inggris dari pada Kamus Bahasa Indonesia. Cukup dengan menanyakan pada murid-murid saya di kelas, orang yang memiliki Kamus Bahasa Indonesia bisa dihitung dengan jari.

Jika dulu perlu uang puluhan ribu rupiah untuk membeli kamus, sekarang aplikasi kamus bisa didownload secara gratis di internet. Baik itu aplikasi untuk komputer maupun untuk gadget android yang bisa dibawa ke mana saja. Salah satu aplikasi yang saya gunakan adalah KBBI offline. Cukup download sekali aplikasi ini bisa digunakan kapan saja. Maka kata-kata seperti kudeta dan konspirasi tidak akan menjadi kontroversi.

Jadi, jika kamu mengaku bangsa Indonesia, kamu wajib memiliki Kamus Bahasa Indonesia walaupun hanya berupa aplikasi.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon