Cara Memasangkan Bluetooth di Android

Untuk mengirim dan menerima file lewat bluetooth di android, perangkat bluetooth pengirim harus dapat mendateksi perangkat bluetooth penerima. Pada artikel sebelumnya saya sudah menulis Cara Mengatasi Bluetooth Android Tidak Terdeteksi. Pada bagian akhir artikel, saya mengajukan dua pilihan, yaitu memasangkan perangkat bluetooth yang ada atau mengatur agar bluetooth di android selalu terlihat oleh bluetooth di sekitarnya saat dihidupkan.

Karena pada artikel sebelumnya saya sudah menuliskan cara agar bluetooth selalu terdeteksi, kali ini saya akan menuliskan Cara Memasangkan (Pair) Bluetooth di Android. Dengan cara ini, hanya bluetooth yang berpasangan saja yang bisa mendeteksi bluetooh penerima. Dan dengan memasangkan perangkat pengirim tidak perlu repot memindai untuk mencari bluetooth penerima.

Berikut cara memasangkan (pair) bluetooth di android

Buka pengaturan pada android penerima.
Hidupkan bluetooth dan buka pengaturan bluetooth

Contreng tulisan Hanya terlihat oleh perangkat yang dipasangkan sehingga menjadi Terlihat untuk semua perangkat bluetooth terdekat.

Nyalakan bluetooth pada android pengirim
Klik Telusuri/Pindai Perangkat

Klik Perangkat Bluetooth yang ditemukan untuk memasangkan

Pada kedua perangkat bluetooth akan muncul pilihan pemasangan dengan menampilkan kata sandi yang sama. Ada kalanya diminta untuk memasukkan sandi pada salah satu perangkat.
Cara Memasangkan Bluetooth di Android

Klik OK atau pasangkan.
Cara Memasangkan Bluetooth di Android

Kedua perangkat bluetooth kini telah berpasangan dan nama perangkat ada dalam daftar Perangkat Terpasang.



Setelah Perangkat Bluetooth berpasangan, untuk mengirimkan file cukup dengan menghidupkan buetooth kedua perangkat android dan file bisa langsung dikirim. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
IQROZEN
AUTHOR
June 9, 2014 at 6:21 AM delete

Trims bu artikelnya... Salam dari Pulau Dollar

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon