Update Samsung Galaxy Tab 2 ke Jelly Bean

Sudah sejak lama ada pemberitahuan di Samsung Galaxy Tab 2 GT-P3100 milik saya bahwa ada pembaharuan yang bisa dilakukan. Namun karena koneksi lambat, pemberitahuan tersebut saya abaikan. Ketika saya menggunakan jaringan wifi yang leih cepat. Android otomatis mendownload pembaruan tersebut sampai muncul notifikasi untuk menginstalnya.

Semula saya tidak tahu, update apa yang baru saja saya download, tapi berhubung saya suka sesuatu yang up to date, saya pun menginstal update tersebut. Saat proses update berlangsung, android untuk sementara tidak bisa digunakan. Jangan mengganggu prosesnya karena bisa merusak sistem.

Setelah selesai, tampilan Samsung Galaxy Tab sedikit berubah. Rupanya saya telah melakukan proses update os android dari Ice Cream Sandwich ke Jelly Bean 4.1.2. Memang ada perubahan, namun data dan aplikasi hasil download tidak ada yang terganggu.

Adapun beberapa perubahan yang nampak diantaranya sebagai berikut

Update Samsung Galaxy Tab 2 ke Jelly Bean

1. Menu notifikasi yang dulunya berada di pojok kanan bawah pindah ke atas
2. Tombol screenshot yang awalnya ada di bagian bawah tidak ada lagi. Untuk screenshot, silakan tekan tombol power dan volume bawah bersamaan.
3. Adanya beberapa update aplikasi tambahan.

Berhubung update Samsung Galaxy 2 ke Jelly Bean merupakan fitur resmi dari Samsung, maka proses ini dapat dilkukan dengan mudah tanpa harus mendownload aplikasi dari luar. Secara manual, bisa mengikuti langkah berikut

1. Buka pengaturan
2. Pilih Tentang Perangkat
3. Pilih Update sofware

4. Pilih Perbaharui

5. Jika ingin melakukan update dengan paket data dan bukan wifi, hapus centang pada pilihan wi-fi saja.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon