Pengalaman Belanja Online di Tokopedia

Beberapa hari yang lalu saya membeli Scrabble di tokopedia.com. Kebetulan membeli permainan tersebut agak susah di Banjarbaru. Ada berbagai penjual yang menawarkan scrabble di tokopedia dengan harga yang bervariasi. Saya pun akhirnya menjatuhkan pilihan pada barang yang menurut saya harganya cocok dengan beberapa review yang baik.

Sebelum memutuskan jadi membeli, saya sempat bertanya beberapa hal di kolom diskusi kepada pembeli. Respon yang diberikan lumayan cepat dan akhirnya saya yakin untuk membeli. Barang yang saya beli adalah 2 buah scrabble. Pada keterangan berat, per item beratnya 1 kg.

Sesuai dengan cara belanja di tokopedia, saya mentransfer uang sejumlah harga barang ditambah ongkos kirim. Ada beberapa fasilitas pengiriman yang disediakan yaitu TIKI dan JNE, saat itu saya memilih TIKI karena cenderung lebih murah. Berdasarkan penjelasan di tokopedia, uang yang saya transfer akan masuk ke kas tokopedia terlebih dahulu, begitu barang sampai ke tempat saya, maka uang akan sampai ke pembeli.

Pengalaman Belanja Online di Tokopedia

Sebelum barang sampai ke tempat saya, saya bisa melacak status pengiriman barang melalui nomor resi yang diberikan. Walaupun saya semula sempat heran kenapa pesanan saya dikirim dengan JNE yang ongkosnya lebih mahal.

Tidak sampai satu minggu, scrabble sampai di rumah saya. Ternyata yang datang bukan scrabble magnetic seperti yang saya harapkan, melainkan scrabble biasa. Padahal dari hasil diskusi saya sempat berpikir ini adalah scrabble magnetic. Selain itu berat kiriman ternyata hanya dihitung 1 kg, padahal saya sudah membayar ongkos kirim untuk barang seberat 2 kg. Bayangkan jika saya membeli barang sebanyak 5 buah, tentu ongkos yang harus saya bayar akan sangat mahal sekali seharga 5 kg, padahal ketika ditimbang mungkin hanya 2 kg.

Dari pengalaman di atas, ada beberapa kesimpulan yang bisa saya ambil.

1. Belanja di tokopedia cenderung aman karena uang akan masuk ke sistem tokopedia sebelum ke pembeli.
2. Ada beberapa metode pembayaran yang diterima.
3. Ada pilihan untuk metode pengiriman barang
4. Pengiriman barang lumayan cepat.
5. Status pengiriman barang dapat di cek langsung
6. Ada kalanya barang tidak sesuai dengan harapan saat terjadi kesalahpahaman saat komunikasi dengan pembeli.
7. Ongkos pengiriman bisa menjadi sangat mahal jika penjual mencantumkan berat yang berlebih pada detail barang.

Demikian pengalaman belanja online di tokopedia, semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments