Pengalaman Mengambil Uang di ATM Luar Negri

Beberapa hari yang lalu, saya tiba-tiba harus berangkat ke Singapura. Karena waktu dan persiapan yang terbatas, saya tiba di sana tanpa sempat menukar uang rupiah dengan dollar Singapura. Dari pada bingung di Cangi Airport, saya pun mendatangi mesin pertama yang saya lihat, yaitu mesin ATM.

Meskipun tidak mempunyai dollar, setidaknya saya memiliki kartu ATM. Kartu ATM yang saya miliki adalah ATM BNI Syariah dengan logo MasterCard, Cirrus, Maestro, dan ATM Bersama. Kebetulan mesin ATM yang di hadapan saya ada logo MasterCard dan Cirrus. Saya pun mencoba memasukkan kartu ATM dan berhasil.
Mengambil Uang di ATM Luar Negri

Sebagai permulaan saya hanya mengambil $ 100 Singapura. Setidaknya cukup untuk ke hotel yang sudah saya pesan dan biaya lainnya. Dan meskipun uang tabungan saya dalam kurs rupiah, karena saya mengambilnya di ATM Singapura, maka uang yang keluar adalah dollar Singapura.

Saat sudah sampai di hotel dan bisa koneksi intenet, saya pun membuka internet banking. Ternyata untuk uang $ 100 tabungan saya yang berkurang sebanyak Rp 984,166,-. Dengan kata lain nilai tukar dollar singapura sebesar 9.841,- . Kemudian ditambah lagi biaya cirrus tunai sebesar Rp 25.000,-.

Sayangnya saya tidak sempat membandingkan dengan money changer. Mana yang lebih baik. Hanya saja ketika saya kembali ke Jakarta dan menukarkan uang dollar Singapura yang tersisa. Setiap dollarnya dihargai Rp 9.450,-. Sedangkan uang recehan satu dollar dan uang sen tidak bisa ditukar dan saya jadikan oleh-oleh buat keluarga dan teman-teman.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon