Mengatasi Play Store dan Youtube Periksa Koneksi dan Coba Lagi

Saat sedang ingin mengisi absen, salah seorang teman saya mengeluh. Ia mengalami masalah dengan HP android samsung miliknya. Entah kenapa Instagram, Play Store dan Youtube tidak bisa digunakan. Saat ia mencoba membuka aplikasi tersebut muncul tulisan Periksa koneksi dan coba lagi (chek connection and try again). Padahal ia memiliki paket data yang cukup. Aplikasi yang lain juga bisa digunakan. Ia bisa browsing di internet. BBM juga terhubung. Update status facebook juga lancar. Namun kenapa hanya Play Store, Youtube, dan IG yang mengalami masalah.

Mengatasi Play Store dan Youtube Periksa Koneksi dan Coba Lagi

Saya pun mencoba melihat di mana kesalahannya. Hal pertama yang saya lihat adalah tanggal dan jam yang terlihat di layar. Karena android teman saya yang lain pernah mengalami paket data yang tidak aktif meskipun kuotanya masih banyak.


Saat saya lihat tanggal sudah sesuai, saat itu tanggal 9 Februari pukul 9:35. Saya mencoba membuka aplikasi yang ia sebutkan. Dan memang benar, hanya aplikasi tersebut yang tidak berfungsi.

Karena masih belum yakin, saya buka saja setting untuk melihat pengaturan waktu. Dan ternyata memang masalahnya di sana. Pada Tanggal tertulis 9 Februari 2015. Padahal sekarang sudah tahun 2016. Saya pun langsung membenarkan pengaturan tanggal tersebut.

Mengatasi Play Store dan Youtube Periksa Koneksi dan Coba Lagi

Setelah selesai, Play Store, Youtube dan Instagram bisa digunakan kembali dengan baik. Saat saya katakan masalahnya ke teman saya, dia mengatakan waktu itu telah melepas baterai HP nya. Mungkin dia tidak sadar telah salah dalam mengatur tanggal.

Demikian cara mengatasi Play Store Periksa Koneksi dan Coba Lagi. Cara mengatasinya mudah saja, tapi kadang menyebalkan jika kita tidak tahu.

Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon