5 Widget Yang Wajib Ada di Blog

Apakah blog yang Anda mengelola sebuah blog? Untuk serius ataupun iseng, ada kriteria minimum yang harus dipenuhi. Diantaranya adalah memuat 5 widget yang wajib ada di blog.

Mengapa saya mengatakan wajib, karena website dan blog profesional selalu memuat widget ini. Bahkan blog dengan template minimalis juga menggunakan widget ini. Maka, tentu Anda pun wajib meletakkan widget ini di blog Anda.

Apa saja 5 widget yang wajib ada di blog? Ini dia!

1. Tombol Berbagi

Media sosial tidak pernah lepas dari aktifitas berinternet ria. Maka tentu saja tombol berbagi menjadi penting. Ketika seseorang membaca artikel yang menarik di blog, akan muncul keinginan untuk membaginya dengan orang lain. Dengan adanya tombol berbagi, maka pembaca bisa membaginya dengan sekali klik. Semakin banyak yang mengklik tombol berbagi, maka akan semakin banyak yang membaca blog Anda.

Untuk menambahkan tombol berbagi, caranya mudah sekali, diantaranya menggunakan widget dari Addthis. Selain itu kebanyakan template yang beredar juga sudah menambahkan widget tombol berbagi. Dan bagi yang punya kemampuan lebih tentang css dan html, tentu mudah saja untuk memodifikasinya.

2. Artikel Terkait

Setelah membaca sebuah artikel yang menarik, rasa ingin tahu pembaca belum tentu terpuaskan sepenuhnya. Pembaca ingin mengetahui apa lagi yang bisa disuguhkan oleh suatu situs. Jawabannya ada pada artikel terkait. Artikel terkait yang menarik dan berhubungan dengan informasi yang baru saja dibaca akan mengundang keinginan pengunjung untuk mengklik halaman selanjutnya. Hal ini pastinya akan meningkatkan pageview blog.

Pada template bawaan blogger, widget artikel terkait belum tersedia. Untuk menambahkannya silakan baca Cara Mudah Menambahkan Artikel Terkait pada Blog.

3. Search

Setiap orang ingin kecepatan dalam bertindak. Termasuk ketika mencari sesuatu. Dari pada melihat daftar isi satu persatu, tentu lebih menyenangkan jika mendapatkan apa yang diinginkan hanya dengan mengetikkan kata kunci. Inilah fungsi dari widget Search atau Cari. Widget ini menjadi semakin penting apabila ada ratusan bahkan ribuan artikel yang Anda miliki dalam sebuah blog. Dan meskipun artikel yang ada masih sedikit, hal ini tidak mengurangi pentingnya widged Search.

4. Sitemap

Sitemap atau Peta Situs. Selain merupakan salah satu syarat blog yang bisa diterima Adsense, peta situs sangat berguna bagi pembaca. Ketika seseorang ingin melihat apa yang Anda tawarkan lebih rinci dalam suatu blog, maka mereka akan mencari peta situs. Peta situs sendiri tidak mutlak seperti daftar isi yang memuat a sampai z dalam satu halaman. Anda bisa membuatnya sesuai kategori atau label. Ada banyak tipe sitemap yang bisa digunakan. Baca juga Cara Membuat Daftar Isi Berdasarkan Label

5. Popular Post

Sesuatu yang dibaca oleh banyak orang, tentunya sesuatu yang menarik. Maka tidak salah, memperlihatkan daya tarik blog Anda pada pengunjung lainnya. Tempatkan widget popular post dengan porsi yang sesuai dengan template blog Anda. Baca juga Cara Terbaik Menempatkan Popular Post.

Demikianlah 5 Widget yang Wajib Ada di Blog menurut saya. Masih banyak widget lain yang juga penting, namun penempatannya tentu saja sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon