Cara Memperoleh Gambar Gratis Untuk Blog dari Google Image

Dalam sebuah artikel yang baik, paling minimal mencantumkan sebuah gambar. Dan akan lebih bagus lagi apabila gambar yang dicantumkan tersebut adalah gambar original. Namun tidak semua orang bisa membuat gambar original atau memililkinya. Oleh karena itu internet masih menjadi pilihan utama untuk sumber gambar.

Ada banyak situs yang menyediakan gambar gratis untuk bahan artikel blog. Namun kadang agak susuah mencari gambar yang sesuai dengan artikel yang hendak diposting. Ujung-ujungnya tetap kembali ke Google Image untuk mencari gambar.

Sebenarnya, tidak mengapa menggunakan gambar dari hasil penelusuran Google. Tapi gunakanlah gambar yang gratis untuk digunakan dan tidak memiliki hak cipta atau lisensi. Bagaimana untuk memilah dan mengetahui suatu gambar tidak memiliki hak cipta dan gratis digunakan untuk bahan blog? Ikuti langkah berikut.

Bukalah halaman Google Gambar
Masukkan kata kunci yang ingin dicari.
Klik penelusuran
Pilih dilabeli untuk digunakan ulang.

Cara Memperoleh Gambar Gratis Untuk Blog dari Google Image


Semua hasil penelusuran yang muncul bebas digunakan dan dimodifikasi untuk melengkapi artikel yang kita tulis. Sangat mudah bukan.

Pada saat mencantumkan gambar dalam artikel, jangan lupa menambahkan judul dan alt tag pada gambar. Karena pada dasarnya gambar tidak bisa dibaca oleh mesin pencari. Dengan memberikan judul dan alt tag maka mesin pencari seperti Google akan mudah memahami maksud dari gambar yang dimasukkan ke dalam artikel. Baca juga Cara Menambahkan Alt Tag Pada Gambar Tanpa Edit HTML.

Demikianlah cara memperoleh gambar gratis dari Google Image. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Syamsu
AUTHOR
March 23, 2016 at 6:49 AM delete

Penempatan gambar yang paling baik di blog tuh letaknya di bawah paragraf ke berapa ya mba?

Reply
avatar
March 23, 2016 at 7:44 PM delete

Hehe. Saya bukan blogger sungguhan, bikin blog cuma ingin mengarsipkan, tulisan, jadi ga tahu yg beginian. Sekarang jadi tahu. Trims

.

Reply
avatar
March 24, 2016 at 9:11 AM delete

Saya tidak punya acuan baku pada paragraf ke berapa gambar ditambahkan. Tapi biasanya saya meletakkan gambar di bawah paragraf untuk menjelaskan maksud kata-kata yang saya tulis. Misalnya seperti artikel ini.

Reply
avatar
March 24, 2016 at 9:12 AM delete

Sama-sama, saya cuja cuma berbagai apa yang saya tahu.

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon