Hasanah Bulkiah, Bukan Sultan Brunei!

Seperti biasa, saat tidak tahu mesti mengerjakan apa, saya sering memasukkan kata kunci sembarangan ke halaman Google. Seperti hari itu saya memasukkan nama salah satu teman saya ke mesin pencarian, Hasanah Bulkiah. Ternyata yang muncul adalah hasil penelusuran lain, yaitu Hassanal Bolkiah. Hassanal Bolkiah adalah Sultan Brunei yang ke 29 dan saat ini menjabat menjadi sultan di sana. Tentu saja beliau ini jauh lebih terkenal dari pada teman saya tersebut. Sampai-sampai hasil penelusuran yang muncul tentang beliau meskipun saya menuliskan nama lain.

Saya jadi teringat kejadian setiap kali dosen baru masuk ke kelas kami. Ketika sesi perkenalan dan beliau membaca nama Hasanah Bulkiah, mata beliau akan mengarah ke jajaran tempat duduk para mahasiswa. Padahal teman saya Hasanah Bulkiah adalah seorang mahasiswi dengan kata lain perempuan. Maka dosen tersebut akan memberikan alasan, "Saya jadi teringat dengan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah". Padahal Hasanah kan memang nama perempuan. Kata yang ahli bahasa Arab, perbedaannya hanya pada ta marbuthah.

Hasanah Bulkiah, Bukan Sultan Brunei!

Kembali ke Google, meskipun menampilkan hasil penelusuran Hassanal Bolkiah, Google tetap memberikan penawaran atau telusuri Hasanah Bulkiah. Kata kunci sebenarnya yang saya ketikkan. Rupanya Google menyadari, bisa saja saya bukan salah ketik. Tapi memang kata kunci tersebut yang ingin saya telusuri.

Halaman pencarian Google memang dilengkapi fitur khusus untuk membantu penelusuran. Di antaranya adalah membenarkan kata kunci yang salah ketik. Hal ini sangat berguna bagi pengunjung yang ingin mencari sesuatu yang bahkan dirinya sendiri tidak ingin persis apa yang akan dicari. Saya sering juga memasukkan kata kunci seingatnya saja. Karena saya yakin Google akan mengajukan pilihan apa yang sebenarnya saya cari.

Selain itu, kata yang salah ketik pun juga sering dibenarkan oleh google. Tidak jarang karena terburu-buru kita salah dalam mengetikkan kata di pencarian. Maka Google pun akan membenarkannya.
Tapi sekali lagi, hal tersebut berlaku jika memang salah ketik. Ada kalanya yang kita ketik sudah benar, namun Google menduganya hal lain. Seperti yang saya alami di atas. Sebagai pemecahannya, tinggal klik pilihan untuk mencari Hasanah Bulkiah sesuai kata kunci yang kita ketik. Tara, hasilnya pun muncul.

Selain kata di atas, ada juga kata lain yang sering dianggap salah ketik oleh Google, misalnya "Si Punguk", maka yang muncul malah "Si Pungguk". Silakan dicoba.
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments