Panduan Lengkap Mengganti Template Blog

Salah satu kriteria sebuah blog yang baik adalah menggunakan template yang baik. Template yang bagus itu selain SEO friendly pastinya harus nyaman pagi pembaca. Agar bisa memiliki sebuah template yang baik, tentu saja pemilik blog harus melakukan yang namanya mengganti template blog.

Sebenarnya, blogger menyediakan beberapa template blog. Untuk mengganti template menggunakan template bawaan blogger, caranya sangat mudah sekali.

Silakan masuk ke beranda blog, kemudia pilih template. Silakan pilih salah satu template yang tersedia. Kemudia klik Simpan. Maka template blog pun langsung terganti.

Sayangnya menurut saya template tersebut sangat sederhana sekali. Terlalu banyak modifikasi yang harus dilakukan jika ingin menggunakan template dasar blogger agar menjadi lebih SEO friendly. Oleh karena itu saya lebih senang menggunakan template gratis lainnya yang banyak tersebar di internet.

Memilih Template

Saat ini ada banyak sekali situs penyedia template blog, baik yang gratis maupun berbayar. Ada tiga situs favorit saya yang menyediakan template responsive dan SEO friendly yaitu:

1. Mas sugeng
2. Ivy Theme
3. Arlina Design

Silakan cari template yang Anda sukai dan sesuai dengan tema yang dibahas blog Anda. Biasanya situs penyedia template gratis tersebut menyediakan demo bagi template yang ditawarkan. Anda bahkan bisa mendownload banyak template untuk dicoba ke blog.

Template yang baik setidaknya memenuhi 4 kriteria :

1. SEO Friendly
2. Mobile Friendly
3. Responsif
4. Loadingnya Cepat


Membenahi Template

Selain menyediakan template blog, biasanya dalam folder template juga terdapat catatan pengaturan untuk membenahi template. Hal-hal yang biasanya harus diganti antara lain link Facebook, twitter, Google Plus, About, Privacy Policy, Site Map, dan lainnya.

Untuk menggantinya silakan buka template dalam format xml yang telah didownload dengan menggunakan notepad atau wordpad. Cukup klik kanan pada file, pilih open with. Pilih salah satu diantara notepad dan wordpad.

Lakukan pembenahan sesuai dengan petunjuk penggunaan template. Silakan ganti link yang biasanya cuma tertulis # dengan link yang sesuai. Setelah selesai, klik simpan dan template siap untuk digunakan.

Waktu untuk mengganti template

Sebelum mengganti template, tentukan dulu waktu yang bagus untuk mengganti template. Bagi blog yang baru saja dibangun dan pengunjungnya masih sedikit karena memang blog tersebut belum selesai, Anda bisa mengganti template kapan saja. Tapi bagi blog yang sudah banyak pengunjungnya, carilah waktu dimana pengunjung blog hanya sedikit. Anda tentunya tidak mau mengganggu pembaca yang sedang mengunjungi blog, karena Anda sedang asyik mengotak-atik template di tempat lain. Oleh karena itu carilah waktu saat pengunjung blog sedikit. Saya sendiri cenderung mengganti template pada dini hari, karena sangat jarang orang yang mengakses internet dini hari.

Cara Mengganti Template Blogger

Setelah waktunya pas untuk mengganti template. Siapkan template baru yang ingin digunakan. Saatnya untuk beraksi pada dashboard blogger Anda.

Kunjungi dashboard
Pilih blog yang ingin diganti templatenya
Pilih template
Klik cadangkan/pulihkan
Klik unduh template lengkap (gunanya sebagai cadangan template lama yang akan diganti)
Untuk mengunggah template dari PC, klik Choose File
Cari file xml template baru yang sudah didonwload
Klik Open
Klik Unggah


Selanjutnya adalah membenahi tampilan blog yang baru. Silakan tambahkan widget yang belum ada di blog. Atur posisinya sedemikian rupa sehingga sesuai yang diinginkan. Baca juga 5 Widget yang wajib Ada di Blog.

Jika ada yang masih belum pas dan memerlukan penyesuaian dengan edit HTML. Silakan klik HTML dan benahi apa yang ingin dirubah. Jika ada kode yang harus dihapus dan Anda takut salah dalam melakukannya. Potong kode yang ingin dihapus dan simpan di file lain. Jika terjadi kesalahan, Anda tinggal menempelkannya kembali dalam template seperti semula.

Jangan takut salah, karena ini adalah proses belajar. Semoga dengan begini pengetahuan jadi bertambah dan tampilan blog semakin menawan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
iman maulana
AUTHOR
March 29, 2016 at 8:42 PM delete

Asalam.. Nanya nih saya baru daftar blog. Trus apa yg sya hrus lakukan slanjutnya. Blog msih kosong

Reply
avatar
April 10, 2016 at 7:13 PM delete

Mulailah dengan menulis artikel :)

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon