Sstt, Hati-Hati Ada Yang Mengintip Riwayat Penelusuran Anda

Ada yang baru di tempat saya bekerja. Ya, sekarang sudah ada wifi yang bisa diakses kapan saja. Maka rame lah para karyawan menggunakan wifi tersebut. Terlepas dari ketidaktahuan apa fungsi sesungguhnya wifi itu dipasang, salah seorang karyawan pun berkomentar.

"Wifi ini kan menggunakan uang perusahaan. Mengapa digunakan untuk kepentingan pribadi"

"Wifi ini sudah dipaketkan dan dibayar lunas. Jadi akan terbuang percuma jika tidak digunakan." Komentar seseorang yang bekerja sehubungan dengan pemasangan wifi tersebut.

Saya sebagai karyawan yang lain pun, akhirnya juga ikut menggunakan wifi gratis ini. Sangat berat menahan godaan untuk tidak menggunakannya. Saya pun menggunakan alasan dari teman saya yang kedua. Supaya tidak terbuang percuma.

Nah, sehubungan dengan wifi gratis ini, ternyata koneksi di laptop lebih cepat dari pada di HP android. Maka saya pun berbetah ria surfing di laptop kantor. Selama tidak ada pengunjung yang harus dilayani atau hal lain yang dikerjakan, saya iseng menggunakan laptop untuk browsing. Saya bahkan sengaja menginstal Google Chrome dan Mozilla Firefox di sini.

Namanya juga peralatan kantor, tidak mau dong, ada yang tahu saya buka apa saja. Sebenarnya tidak buka yang macam-macam juga sih. Tapi akun google dan blog saya kan rahasia. Asal ingat log out sih aman. Intinya, saya malas saja kalau harus membersihkan histori setiap selesai browsing. Lalu bagaimana caranya?
Penelusuran pribadi firefox

Caranya adalah browsing dengan menggunakan jendela pribadi pada firefox. Dengan jendela pribadi ini maka ada beberapa hal yang biasanya tersimpan pada saat penelusuran di jendela biasa tidak akan tersimpan pada menelusuran ini yaitu:

- Histories (riwayat)
- Searches (pencarian)
- Cookies (kuki)
- Temporary Files (berkas sementara)

Meskipun begitu hasil download dan bookmark tetap akan tersimpan. Jika ingin menghapusnya, hapus secara manual.

Selain itu, menu perlindungan pelacakan juga diaktifkan. Dengan begitu akan melindungi perusahaan tertentu untuk melacak riwayat penelusuran Anda melalui multipel situs. Biasanya mereka menggunakan ini untuk menawarkan iklan yang sesuai buat Anda.

Ketika Anda melihat perisai aktif, firefox memblokir beberapa bagian dari laman yang dapat melacak aktifitas peramban Anda. Beberapa area halaman mungkin hilang karena mereka memperbolehkan pihak ketiga untuk melacak Anda melalui situs web berbeda.

Jika perlindungan pelacakan dianggap mengganggu aktifitas Anda pada situs tertentu, silakan dinonaktifkan. Caranya dengan mengklik "nonaktifkan perlindungan untuk sesi ini"


Adapun untuk menggunakan fitur ini, silakan klik menu pada pojok kanan atas. Pilih Buka Jendela Pribadi Baru. Maka Anda pun akan dibawa ke jendela pribadi yang saya maksud. Lambang topeng mata berwarna ungu akan muncul di pojok kanan atas.


 Sampai sedemikiannya ya, untuk menyembunyikan hasil penelusuran internet. Tapi ini penting lo. Terutama jika Anda browsing di komputer umum. Apalagi jika lewat warnet, maka hal ini menjadi amat penting sekali. Anda pun tidak perlu repot-repot menghapus histori selesai menggunakan internet. Tapi selalu ingat untuk log out dari akun Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
April 7, 2016 at 11:22 PM delete

Mantap infonya. Tinggal menerapkan. Trimkasih.

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon