Perbedaan Muamalat Mobile Banking dan Internet Banking

Sebagai bank syariah pertama, Bank Muamalat telah banyak mengeluarkan fitur yang sangat memudahkan transaksi nasabah. Diantara fitur-fitur tersebut adalah Muamalat Mobile Banking dan Internet Banking Muamalat. Sepintas, keduanya terdengar serupa, padahal ada beberapa perbedaan antara kedua macam fitur tersebut.

Adapun perbedaan muamalat mobile banking dan internet banking adalah sebagai berikut.

1. Pendaftarannya berbeda

Untuk pendaftaran keduanya dilakukan melalui mesin ATM. Masing-masing memiliki menu yang berbeda. Untuk pendaftaran internet banking muamalat, maka harus memilih internet banking. Dan untuk mendaftar mobile banking muamalat, pilih mobile banking. Dengan kata lain, orang yang mendaftar mobile banking tidak memiliki aku internet banking, begitu pula sebaliknya. Kecuali nasabah tersebut mendaftar pada kedua layanan tersebut.

Muamalat Mobile Banking dan Internet Banking

2. Aplikasinya berbeda

Muamalat mobile banking menggunakan sebuah aplikasi khusus. Aplikasi tersebut bisa didownload di Play Store untuk android, atau di BlackBerry Word untuk BlavkBerry, atau di Windows Store untuk window mobile, dan di App Store untuk Iphone. Muamalat mobile banking hanya dapat digunakan melalui aplikasi tersebut pada phoncel yang sudah terdaptar.

Sedangkan internet banking muamalat bisa dibuka lewat browser apapun dari device apapun. Bisa dibuka lewat handphone maupun komputer. Lewat, google chrome, opera, firefox atau pun yang lainnya. Juga bisa diakses melalui menu internet banking yang ada pada aplikasi mobile banking muamalat.

3. Biayanya berbeda

Untuk menggunakan muamalat mobile banking, nasabah tidak perlu biaya apapun selain kuota untuk mengakses internet. Apalagi jika ada wifi gratis. Aplikasi ini tidak memakan pulsa seperti aplikasi mobile banking yang lain. Karena pada dasarnya satu handphone hanya bisa digunakan untuk satu akun muamalat mobile banking. Tidak perlu konfirmasi nomor telepon.

Sedangkan pada internet banking muamalat akan menggunakan pulsa pada password verifikasi. Berhubung bisa digunakan pada alat apa saja dan aplikasi apapun, untuk meningkatkan keamanan, maka nasabah akan memperoleh SMS yang berisi password untuk transaksi. Pada saat mendapatkan SMS, pulsa akan berkurang sesuai dengan ketentuan provider yang digunakan. Dengan kata lain, meskipun bisa diakses dengan alat apapun, nasabah harus membawa nomor HP yang didaftarkan agar bisa melakukan transaksi.

Nah, bagaimana, Sudah tahu perbedaan muamalat mobile banking dan internet banking muamalat kan? Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon