Panduan Cara Daftar dan Aktivasi Mobile Banking BNI

Di awal tahun baru ini saya ingin melakukan beberapa hal baru, salah satunya adalah mendaftar mobile banking BNI. Selama ini saya sudah memiliki internet banking BNI dan mendapatkan berbagai kemudahan dalam transaksi.

Kekurangan dari internet banking BNI adalah penggunaan token untuk transaksi finansial yang mengharuskan saya harus membawa token ke mana-mana. Dengan adanya mobile banking BNI, diharapkan cukup dengan membawa HP android transaksi bisa dilakukan lebih praktis kapan pun di mana pun.

Untuk registrasi mobile banking BNI saat ini belum bisa dilakukan lewat ATM seperti bank Muamalat. Nasabah harus datang langsung ke bank dan menemui customer service. Kemudahannya adalah, nasabah bebas memilih untuk datang ke bank BNI manapun, tidak harus bank BNI tempat membuka rekening tabungan awal. Saya pun cukup melakukannya di Banjarbaru yang paling dekat dengan rumah saya saat ini.

Untuk persiapan pendaftaran mobile banking, yang harus dibawa yaitu:
- Buku tabungan
- Kartu ATM
- KTP
- Token internet banking (jika sudah punya, mungkin diperlukan, mungkin tidak)

Cara Pendaftaran Mobile Banking BNI

Setelah tiba giliran bertemu dengan CS katakan saja ingin mendaftar mobile banking BNI.
Nasabah akan diminta untuk menunjukkan buku tabungan, kartu ATM, dan KTP.

Nasabah juga akan diminta menjawab beberapa pertanyaan untuk mencocokkan data, diantaranya adalah nomor telepon dan nama ibu kandung.

Setelah itu nasabah akan diminta untuk mengisi formulir permohonan pembuatan mobile banking BNI

Bagi nasabah yang sudah memiliki internet banking BNI, akan diminta untuk menuliskan user id yang sudah dimiliki. Tujuannya untuk menghubungkan akun internet banking dengan mobile banking.

Bagi yang belum memiliki internet banking akan diminta untuk menentukan sendiri user id yang diinginkan yang terdiri dari huruf dan angka. Tapi kombinasi huruf dan angka yang tergolong alay tidak akan diterima sistem.

Silakan tunggu CS mendaftarkan akan mobile banking.
Sambil menunggu, download dan instal dulu aplikasi mobile banking BNI dari play store.

Cara Daftar dan Aktivasi Mobile Banking BNI

Cara Aktivasi Mobile Banking BNI

Setelah CS selesai mendaftarkan akun mobile banking, maka nasabah akan dipandu untuk melakukan aktivasi aplikasi BNI mobile banking yang sudah didownload.

Masuk ke menu aktivasi
Centang setuju pada bagian persetujuan ketentuan, klik Lanjut.
Masukkan user id yang telah didaftarkan
Masukkan 16 digit nomor yang tertera di kartu ATM
Masukkan MPIN yang diinginkan (terdiri dari 6 digit angka)
Masukkan MPIN sekali lagi

Masukkan password yang diinginkan (terdiri dari 8 sampai 12 digit, merupakan kombinasi huruf dan angka)
Masukkan password sekali lagi
Klik lanjut.

Jika berhasil, akan muncul notifikasi pendaftaran berhasil.
Silakan kembali ke menu awal, yaitu menu login


Masukkan user id dan MPIN
Klik login

Nasabah kini bisa menggunakan semua menu transaksi yang disediakan dalam fitur mobile banking BNI.

Untuk transaksi finansial seperti transfer, pembelian, dan pembayaran, nasabah akan diminta memasukkan password sebagai kode keamanan.



Catatan Penting:

- Saat melakukan pendaftaran mobile banking BNI, saya diminta mendaftarkan nomor telepon yang biasa digunakan untuk paket data. Alasannya untuk bisa transaksi harus menggunakan paket data dari nomor telepon yang terdaftar. Saya pun melakukan seperti yang diminta CS dan mendaftarkan nomor yang digunakan untuk internetan pada mobile banking BNI.

Setelah saya sampai rumah, saya coba menggunakan mobile banking BNI dengan paket data dari nomor HP lain. Ternyata tidak ada masalah dan bisa berjalan dengan lancar. Dengan kata lain, mobile banking BNI bisa dijalankan denan paket data dari kartu apapun termasuk wifi.

- Saat pendaftaran mobile banking, saya dimintai user id internet banking karena sudah ada untuk dihubungkan. Sayangnya user id internet banking yang sudah bertahun-tahun saya gunakan termasuk akun lama dengan jenis kata yang termasuk alay. Oleh karenanya, tidak bisa dihubungkan dengan mobile banking BNI.

Untuk mengatasinya, terpaksa user id lama dihapus dan diganti dengan user id baru. Token internet banking pun harus dihubungkan dengan akun internet banking yang baru. Saya pun memperoleh akun internet banking dan mobile banking dengan user id yang sama.

- Layanan mobile banking BNI juga bisa digunakan untuk rekening BNI Syariah. Kebetulan saya merupakan nasabah BNI Syariah.

- Jangan pernah memberitahukan MPIN dan password kepada siapapun, termasuk CS BNI.

Demikianlah cara pendaftaran dan aktivasi mobile banking BNI berdasarkan pengalaman peribadi di awal tahun baru ini. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

2 Comments

  1. Selamat malem sebelumnya saya ada pertanyaan,
    Begini saya sudah memiliki BNI internet banking apakah UserId BNI internet banking saya ini bisa saya gunakan untuk aktifasi BNI mobile banking?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika user Id BNI internet banking nya tidak alay seperti n1s4c4nt1k, mungkin bisa digunakan. :D

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar