Cara Mengatasi Page Merge Format Pada Ms Word

Beberapa hari yang lalu, salah seorang teman saya yang baru saja maju sidang skripsi membahas beberapa revisi yang harus ia lakukan. Salah satunya adalah memberi nomor halaman pada setiap lembar halaman skripsi yang ia buat. Menurut saya hal tersebut merupakan hal sangat penting. Kenapa bisa dia mengajukan skripsi yang lebih dari seratus lembar tanpa halaman.

Rupanya ia mengalami masalah pada file skripsi yang dimilikinya. Saat memasukkan halaman, yang muncul malah tulisan { PAGE \* MERGEFORMAT }. Jika file tersebut dicopy dan dibuka pada laptop lain, susunan tulisan skripsinya malah berhamburan. Apalagi skripsi yang ia buat menggunakan bahasa Arab. Akan sangat merepotkan untuk membenarkannya.

Cara yang paling cepat tentu saja dengan mengatasi kasus Page Merge Error yang ada di laptopnya. Karena saya sendiri juga belum pernah mengalaminya, saya pun mencoba mencari di google. Dan ternyata, caranya sangat mudah sekali.

Cara Mengatasi Page Merge Format Pada Ms Word

Pertama masukkan nomor halaman seperti biasa.
Blok tulisan { PAGE \* MERGEFORMAT }
Tekan Alt dan F9.
Semua tulisan Page Merge akan berubah menjadi nomor halaman.

Sangat mudah dan cepat sekali bukan. Dia pun tinggal merevisi bagian isi skripsi yang harus diperbaiki selain masalah teknis.

Cara di atas bisa dipraktekkan pada berbagai tife file microsoft word 2007, 2010, maupun 2013.

Sebagai tambahan, untuk laptop LENOVO ada sedikit perbedaan dalam masalah penggunaan tombol F1-F12. Oleh karena itu, untuk mengatasi PAGE MERGEFORMAT, tombol yang harus ditekan yaitu,

Fn dan Alt dan F9 secara bersamaan.

Demikian cara mengatasi PAGE MERGEFORMAT pada halaman microsoft word. Semoga bisa diambil manfaatnya.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon