Cara Daftar dan Aktivasi m-Token BRI Lewat Internet Banking

mToken BRI digunakan untuk transaksi finansial melalui internet banking BRI. Pendaftaran internet banking bisa dilakukan lewat mesin ATM atau di bank. Sedangkan pendaftaran mToken hanya bisa dilakukan di bank BRI.

Setelah sebelumnya saya sempat melakukan penghapusan akun internet banking lama karena lupa password dan User Id, maka saya pun langsung melakukan pendaftaran internet banking dan mToken di bank BRI tersebut.

Cara Mendaftar Internet Banking dan m-Token BRI

Pendaftaran internet banking BRI dilakukan lewat CS. Setelah menunggu antrian dan sampai di meja CS, sampaikan maksud dengan jelas dengan menunjukkan:

- Buku Tabungan
- KTP
- Kartu ATM

Dengan dipandu oleh CS, dia menggesekkan kartu ATM ke mesin khusus beberapa kali, saya diminta memasukkan password internet banking sebanyak dua kali. Selain itu saya juga diminta memasukkan PIN ATM.

Kemudian petugas menanyakan nomor HP yang akan digunakan sebagai m-token. Saya pun menyebutkan nomor HP yang selalu saya gunakan selama ini.

Petugas CS memberikan struk berisi user id internet banking. Ia meminta saya untuk login ke situs BRI internet banking menggunakan user id yang tertera dan password yang sudah saya daftarkan. Kemudian saya harus melakukan penggantian password yang semula hanya terdiri dari angka menjasi kombinasi angka dan huruf.

Cara Aktivasi dan Mengganti Password Internet Banking BRI

Di rumah saya mengunjungi situs internet banking BRI dengan langkah-langkah berikut

Masukkan User Id dari struk
Masukkan password yang sudah didaftarkan
Masukkan konfirmasi angka
Klik login


Saat dibawa ke halaman persetujuan, pilih saya setuju.

Selanjutnya sampai pada halaman penggantian password.

Masukkan password lama
Masukkan password baru. Password baru terdiri dari 8-12 digit. Terdiri dari kombinasi huruf besar, huruf kecil, dan angka.
Masukkan password baru sekali lagi.
Masukkan email yang aktif.
Klik Ubah.
Cara Aktivasi dan Mengganti Password Internet Banking BRI

Jika sudah berhasil maka akan dibawa ke beranda internet banking BRI. Sekarang saya sudah bisa mengakses menu internet banking BRI untuk cek saldo maupun mutasi. Meski begitu, transaksi finansial seperti transfer, pembelian dan pembayaran belum bisa dilakukan sebelum aktivasi m-token.

Cara Aktivasi m-Token BRI Melalui Internet Banking

Aktivasi m-token bisa dilakukan jika sudah menerima SMS untuk aktivasi dari IB-BRI. Jika SMS sudah masuk, dapat melakukan aktivasi m-token melalui internet banking BRI.

Login ke akun internet banking BRI
Pilih Pembayaran
Di pojok kiri bawah, pilih aktivasi m-token
Pastikan Server ID di internet banking sama dengan server id di SMS
Masukkan nomor aktivasi
Klik Kirim

Aktivasi m-Token BRI Lewat Internet Banking

Jika berhasil, maka akan tampil pemberitahuan berhasil dengan nomor referensi yang harus disimpan jika kemudian ada masalah.

Menu internet banking pun akan berubah. Menu untuk melakukan transfer, pembayaran dan pembelian sudah lengkap dan bisa digunakan.

Transaksi Dengan Internet Banking BRI

BRI internet banking menggunakan m-token yang dikirim lewat SMS ke nomor HP yang sudah didaftarkan setiap kali akan melakukan transaksi finansial. Unturk telkomsel, biaya setiap SMS masuk adalah 650. Jika nomor HP yang digunakan untuk menerima SMS sedang tidak ada pulsa, maka SMS tidak bisa masuk. Transaksi finansila pun tidak dapat digunakan.

Karena alasan inilah saya suka malas menggunakan fasilitas internet banking BRI untuk melakukan transaksi dan lebih memilih menggunakan fasilitas bank lain.

Meski begitu saya tetap menggunakan internet banking untuk memeriksa jika ada uang masuk. Setidaknya internet banking BRI tidak memerlukan pulsa untuk melakukan cek saldo dan mutasi rekening. Hal ini masih lebih baik jika dibandingkan dengan BRI mobile banking.

Demikianlah pembahasan mengenai cara pendaftaran internet banking BRI serta aktivasi m-token. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

5 Comments

  1. Nah... Saya udah ngekakuin sesuai perintah, dan berhasil. Tapi yang jadi masalahnya itu struknya yang kagak mau keluar.
    Akhirnya pindah ke ATM yg lain.
    Hasilnya malah gagal, karna udah terdaftar.
    Solusinya gimana? Sudah terdaftar tapi gak ada struknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo seperti itu, lebih baik datang langsung ke bank untuk dibantu CS.

      Delete
  2. Server ID nya selalu tidak tersedia. Boleh minta solusiny? Gmana ya?

    ReplyDelete
  3. Server ID nya selalu tidak tersedia. Boleh minta solusiny? Gmana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sms balasannya diterima. Silakan dicoba. Atau minta bantuan di cs untuk aktivasi supaya berhasil.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar