Cara Gampang Menghafal NIK KTP Karena Tahu Artinya

Saat sedang membicarakan proses pembuatan pasport beberapa hari yang lalu, saya menanyakan tahun kelahiran mama. Katanya beliau lahir tahun 1965. Tapi seingat saya kemarin pas dilihat di fotokopi Kartu Keluarga (KK), mama lahir tahun 1961.

Karena penasaran, saya ambil KK asli. Ternyata di sana memang tertulis tahun 1961. Mama pun memperlihatkan KTP beliau, dan di sana tertulis tahun 1965. Jadi mana yang benar?

Saya membongkar dokumen KK lama saat Abah masih hidup. Di sana tertulis tahun lahir mama 1965. Rupanya saat pergantian KK satu tahun yang lalu terjadi kesalahan penulisan tahun lahir mama. Karena tidak terlalu memperhatikan makanya baru sadar sekarang.

Yang anehnya lagi tahun lahir mama di paspor Umroh dulu juga tertulis 1961. Padahal waktu buat paspor pake KTP dan KK lama. Dapat tahun tersebut dari mana coba? Salahnya kok bisa sama?

Akhirnya saya penasaran sendiri, sebenarnya data di kependudukan tahun lahir mama 1965 atau 1961. Saat browsing di internet itulah saya menemukan arti Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di KTP. Sekaligus menjawab kebingungan saya.

Arti 16 Digit Angka pada NIK e-KTP

NIK terdiri dari 16 angka yang setiap angkanya memiliki arti tersendiri.

Misalnya seseorang memiliki NIK

31 71 01 17 08 45 0001

Dua angka pertama menunjukkan provinsi, di sini 31 mewakili DKI Jakarta
Dua angka berikutnya mewakili kabupaten, di sini 71 mewakili Kota Adm. Jakarta Pusat
Dua angka berikutnya menujukkan kecamatan, di sini 01 mewakili Kecamatan Gambir

Enam angka berikutnya mewakili tanggal lahir berupa hh/bb/tt atau tanggal/bulan/tahun

Angka 17 artinya lahir pada tanggal 17. Pada NIK milik perempuan tanggal lahir ditambah dengan 40. Maka jika perempuan yang lahir tanggal 17 angkanya menjadi 57.

Angka 08 artinya lahir pada bulan ke delapan atau Agustus.

Angka 45 artinya lahir pada tahun 1945. Yang diambil hanya dua digit angka terakhir. Sehingga orang yang lahir tahun 1915 sama dengan yang lahir tahun 2015. Yang diambil hanya angka 15 nya.

Angka 0001 adalah angka acak unik menurut sistem komputer. Tujuannya untuk membedakan seseorang yang memiliki tempat dan tanggal lahir yang sama. Sehingga tidak ada orang yang memiliki NIK yang sama.

Cara Gampang Menghafal NIK KTP Karena Tahu Artinya

Jika diterjemahkan nomor NIK diatas berarti seorang pria yang lahir di kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1945. (Nomor tersebut adalah fiktif, mohon maaf jika terdapat kesamaan yang tidak disengaja)

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jelaslah data kependudukan mama tertulis lahir tahun 1965. Karena pada NIK beliau yang tertulis adalah angka 65. Saya cukup datang ke kantor kecamatan untuk membenarkan kartu keluarga yang salah cetak.

NIK berlaku seumur hidup sebagai nomor identitas penduduk Indonesia. Dengan adanya sistem NIK ini maka pendataan menjadi lebih mudah. Oleh karenanya saat melakukan berbagai registrasi sering diminta nomor NIK.

Cara Gampang Menghapal NIK

Dengan mengacu pada penjelasan di atas, untuk menghapal NIK cukup dengan menghapal 6 angka di depan. Sisanya cukup dengan menambahkan tanggal lahir yang sudah hapal di luar kepala. Kemudian baru ditambahkan nomor khusus di akhir.

Dengan cara ini, bahkan bisa menghapal NIK satu anggota keluarga. Karena angka depannya biasanya sama. Sedangkan tanggal lahir pun biasanya juga sudah hapal.

Pemerintah sempat menyediakan fasilitas online untuk kemudahan mengecek NIK penduduk Indonesia lewat situs Dukcapil. Namun sekarang layanan cek NIK Online tersebut di off-kan untuk menghindari penyalahgunaan identitas. Untuk melakukan pengecekan, silakan datang ke Kantor Dinas Dukcapil Setempat.

Kesalahan Penulisan NIK

Dengan semakin banyaknya orang yang mengerti perihal arti NIK pada e-KTP maka semakin banyak pula orang yang sadar tentang adanya kesalahan pada nomor NIK yang dimilikinya. Misalnya sepupu saya yang lahir tahun 1995 namun nomor tahun NIK di KTP-nya tertulis 96. Saat dia berurusan, orang yang paham tentu akan mengatakan nomor NIK nya salah.

Mau tidak mau ia harus berurusan ke kantor Dukcapil untuk mengurusnya. Tidak lupa dengan membawa Akta Lahir dan Kartu Keluarganya juga. Apalagi jika NIK nya seragam salahnya.

Dengan adanya sistem penomoran yang sudah baik ini, tetap perlu konsistensi dan ketelitian dalam penerapannya. Jangan sampai gara-gara petugas salah menginput data, malah menyusahkan penduduk pemilik NIK bersangkutan seperti contoh sepupu saya tadi.

Demikianlah cara gampang menghapal NIK KTP karena tahu artinya beserta ulasan berbagai kejadian seputar NIK. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon