Cara Memperoleh Google Adsense Matched Content

Kemarin saat tidak membuka blog karena bangun agak telat. Selain itu memang belum ada ide mau menulis apa. Sedangkan jadwal publish artikel sudah diatur. Kemarin memang sudah dikhususkan untuk mengurus paspor dan belanja perabot.

Maka hari ini saat membuka blog dan beranda adsense, saya mendapat kejutan yang menyenangkan. Pada bagian pengoptimalan yang biasanya hanya berisi Google Analitik, sekarang ada temannya, yaitu matched content. Benarkah?

Cara Memperoleh Google Adsense Matched Content

Sebelum dilanjutkan, sebenarnya Apa sih Adsense Matched Content?

Mungkin kalian pernah memperhatikan blog orang dimana di bagian bawah yang berisi related artikel, tapi juga diselipi oleh iklan. Bahasa mudahnya, iklan yang bergabung dalam bentuk artikel terkait.

Karena sempat penasaran, maka sempat browsing juga. Katanya hanya blog-blog terpilih yang diakui oleh google yang bisa memperoleh fitur tersebut. Sebagai pemilik adsense yang terakhir payout tahun kemarin setelah sekian tahun, saya sadar diri untuk tidak terlalu berharap.

Dan tanpa disangka-sangka, kejutan tersebut menghampiri saya pagi ini. Salah satu blog saya, yaitu blog Mari Ngenet ini memperoleh kehormatan untuk meletakkan adsense matched content. Saking penasarannya, saya pun langsung meletakkannya di blog.

Nah, buat yang penasaran, Bagaimana sih cara memperoleh google adsense matched content?

Jujur, saya juga tidak tahu. Karena ia datang begitu saja.

Tapi mungkin, kita bisa melakukan beberapa analisis terhadap blog ini untuk mengetahuinya.

A. Jumlah artikel

Ada yang mengatakan jumlah artikel berpengaruh. Blog ini sendiri saat memperoleh matched content jumlah artikelnya baru 266 buah artikel. Beberapa malah belum dipublish. So, jika jumlah artikelmu lebih banyak lagi, Insya Allah ada harapan.

Di situs bantuan google disebutkan tentang adanya syarat minimum jumlah halaman unik. Tapi tidak disebutkan berapa angkanya.

B. Banyaknya Pageview

Saya bahkan masih sering membaca artikel cara meningkatkan pageview. Karena berdasarkan dashboard blogger jumlah pageview blog ini masih di antara 2000 - 3000 pageview perhari. Apalagi jika diperiksa dengan statshow, angkanya lebih rendah lagi. Jadi blog yang pageviewnya lebih tinggi, tentu kesempatannya juga lebih.



Di situs bantuan google disebutkan tentang adanya syarat minimum untuk volume taffik. Tapi sekali lagi, tidak disebutkan berapa angkanya.

C. Niche Blog

Tema blog sepertinya berpengaruh. Meskipun tidak terlalu fokus, blog ini saya khususkan membahas seputar internet dan kegiatan online lainnya. Walaupun ada beberapa kegiatan offline, tapi temanya tidak terlalu jauh. Bagaimana pun fokus itu lebih baik.

D. Artikel Original

Pembahasan boleh sama, judul pun boleh sama. Tapi apa yang diketik oleh jemari, tentu berbeda. Saya yakin apa yang saya tulis di blog ini juga banyak dibahas oleh blog lainnya. Tapi saya selalu yakin dengan apa yang saya tulis, karena saya mengetiknya sendiri. Selain itu, karena kebanyakan adalah pengalaman pribadi, maka mengetiknya enak aja. Google tahu kok, mana yang asli dan mana yang copas.

E. Sering Update

Inilah yang akhir-akhir ini saya lakukan. Update blog hampir setiap hari. Ketika ada ide buat nulis artikel, maka langsung saya ketik. Karena ide tidak menentu, kadang satu hari bisa lebih dari satu artikel. Kadang tidak ada ide sama sekali. Untuk mengaturnya, setelah ditulis, saya atur waktu publishnya sehari satu artikel. Jadi kesannya saya selalu rajin update artikel setiap hari.


F. Google Analitik

Saya bahkan tidak tahu apa hubungannya. Jujur, saya tidak mengerti bagaimana menggunakannya. Tapi beberapa hari yang lalu, setelah usulan untuk menggunakan google analitik saya abaikan selama berbulan-bulan, akhirnya saya menghubungkan akun adsense, blog dan google analitik. Tinggal klik dan ikuti langkah dari google.

Dari berbagai hal di atas, entah faktor mana yang paling berpengaruh sehingga saya mendapat kabar gembira dari google (padahal jadwal payout masih berbulan-bulan lagi, hiks). Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang juga berburu dollar dari adsense. Dan semoga juga meningkatkan earning saya tentunya.
Baca Juga

Post a Comment

4 Comments

  1. mmm..begitu yach...semoga nanti saya juga mendaoat iklan matched konten,sepertinya seru...nich...heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, yang paling penting terus update dan berdoa.

      Delete
    2. ohy,....kalau boleh tahu...apakah blog ini adalah blog yang pernah mendapatkan akun GA...? Ohy sudah berapa lama main blog ?

      Delete
    3. Dulu daftar pake blog ini waktu daftar adsense sangat mudah sekali. Pertama kali kenal blog 2008. Tapi cuma sebagai hobi dan angin-anginan. Kalo lagi vakum bisa lebih setahun, hehe.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar