Cara Transfer Berulang Lewat Muamalat Mobile Banking

Apakah anda punya keinginan yang memerluka uang besar sehingga perlu menabung? Kalo saya sendiri, jawabannya adalah iya. Saya ingin berangkat haji dan umroh, sayangnya uang tabungan saya belum cukup.

Supaya uang tabungan di bank tidak bisa diganggu gugat cara yang paling mudah adalah dengan rekening tabungan terpisah. Saya bahkan membuka tabungan haji agar uangnya tidak bisa diambil.

Tapi membuka rekening saja tidak cukup jika tidak diisi secara konsisten. Salah satu cara mengisi tabungan secara teratur adalah dengan rutin menabung.

Bank Muamalat sebagai bank tempat saya membuka rekening haji memiliki sistem SI (Standing Instruction) dari tabungan reguler bank Muamalat. Dengan sistem ini saya bisa melakukan transfer terjadwal setiap bulannya dari rekening muamalat biasa ke rekening haji Muamalat.

Kelemahannya adalah jika ingin merubah perjanjian SI awal, maka harus datang ke bank dan menemui CS. Mau tidak mau harus antri dulu. Selain itu prosesnya harus mengisi dua lembar surat pernyataan. Yang pertama pembatalan SI sebelumnya, yang kedua permohonan SI baru. Masing-masing ditandatangani dengan materai 6000.

Pertanyaannya, apakah memang harus seperti itu?

Jawabannya tentu saja tidak. Ternyata ada cara yang sangat mudah untuk menabung di rekening haji secara teratur tanpa harus menemui CS di bank. Caranya yaitu dengan melakukan transfer berulang lewat muamalat mobile banking.

Cara Transfer Berulang Lewat Muamalat Mobile Banking

Cara transfer berulang lewat muamalat mobile banking

Buka aplikasi muamalat mobile banking
Pilih Mobile Banking
Ketik User ID dan Password
Klik Login
Pilih Transfer
Pilih Antar muamalat
Pilih dan masukkan nomor rekening tujuan (misalnya rekening tabungan haji)
Masukkan jumlah yang ingin ditransfer setiap bulannya
Pada tipe transasksi pilih Berulang
Pada setiap tanggal pilih tanggal transaksi.
Pastikan memilih tanggal yang diyakini pada saat itu saldo rekening cukup untuk melakukan transfer.
Pada Sebanyak masukkan jumlah pengulangan transfer yang diinginkan. Misalnya 12 kali untuk satu tahun.
Klik Proses
Baca sekali lagi rincian transfer yang akan dilakukan. Termasuk nama penerima apakah sudah benar.
Jika semua sudah tepat, masukkan kode Verifikasi sesuai dua digit TIN yang diminta.
Klik Proses

Jika berhasil, akan terbentuk tampilan struk transaksi yang menyatakan transaksi berhasil. Silakan discreenshoot atau capture atau langsung menggunakan menu share di pojok kiri bawah untuk mengirim ke email lainnya.

Selanjutnya, setiap bulan transfer akan dilakukan secara otomatis tanpa harus takut terlupa.

Karena transfer dilakukan sesama bank muamalat, maka biaya transfer gratis. Transfer berulang juga bisa dilakukan dengan tujuan bank lain. Hanya saja ada biaya administrasi setiap kali transfer sebesar Rp 6.500,-


Selain muamalat, bank lain juga memiliki fasilitas transfer berulang, seperti BNI. Dapat digunakan untuk menghemat biaya transfer jika bank yang dituju adalah BNI atau BNI Syariah.


Demikianlah cara transfer berulang melalui mobile banking muamalat. Sangat praktis bukan.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon