Matched Content dan Blogspot.co.id, Keputusan Redirect

Perihal redirect domain blogspot.com ke blogspot.co.id telah ramai memenuhi perbincangan blogger saat pertama kali diluncurkan tahun 2015. Beberapa dampak yang ditimbulkannya pun dipaparkan oleh para pemerhati.

Dampak Domain Blogspot.co.id

- Iklan adsense tidak muncul
- Ranking alexa membengkak
- Adanya duplikat konten

Para blogger yang masih menggunakan domain gratis ini pun ramai-ramai mencari cara bagaimana mengembalikan redirect blogspot.co.id ke blogspot.com

Bagaimana dengan Mari Ngenet sendiri?

Saat itu Mari Ngenet tidak melakukan perubahan apa-apa. Cukup mengikuti keputusan Google dan membiarkan penggunaan blogspot.co.id. Alasannya bukan hanya karena tidak terlalu mempedulikan dampak yang ditimbulkannya. Tapi karena penulis saat itu sedang vakum dari blogging. Dengan kata lain blog dibiarkan apa adanya karena kesibukan di dunia offline.

Saat memutuskan untuk memulai blogging lagi, maringenet masih bertahan dengan blogspot.co.id. Perbincangan mengenai .com dan .co.id sudah mulai reda. Beberapa kekhawatiran yang sempat dibahas pun beberapa sudah tidak relevan lagi.

Matched Content dan Blogspot.co.id, Keputusan Redirect

Sanggahan Dampak Domain Blogspot.co.id

- Iklan adsense tidak muncul

Seiring dengan berjalannya waktu, hal ini sudah tidak relevan lagi. Karena kenyataanya sekarang iklan adsense banyak bertebaran di blogspot.co.id

- Ranking alexa membengkak

Hal ini memang benar. Tapi sekarang alexa sudah kurang dijadikan rujukan untuk menilai bagus tidaknya suatu situs.

- Adanya duplikat konten

Untuk kasus yang satu ini kurang saya pahami. Tapi hasil penelusuran google sendiri cenderung memprioritaskan domain blogspot.com, meskipun setelah diklik akan diredirect ke blogspot.co.id jika pengguna berada di Indonesia.

Pengunjung blog ini memang belum seberapa. Masih banyak yang harus dilakukan agar bisa seperti blog para master. Dan karena beberapa alasan tertentu saya masih bertahan dengan domain gratisan dari blogger ini.


Blogspot dan Google Adsense

Mari Ngenet sebagai blog gratisan memiliki kelebihan tersendiri. Blog inilah yang telah mengenalkan saya pada Google Adsense sejak tahun 2010 silam. Saat itu mendaftar adsense sangat mudah, cukup dari dasbord blogger. Syaratnya mudah dan langsung diterima.

Meskipun penulis sering hilang dan muncul dari dunia blogging, blog ini dengan domain gratisnya tetap bertahan di dunia maya dengan pengunjungnya yang juga pasang surut.

Termasuk fitur adsense matched content yang masih ramai dibicarakan para blogger akhir-akhir ini. Diantara blog-blog saya yang lain yang timbul tenggelam, blog ini yang pertama dipercaya untuk menggunakan adsense matched content.

Karena domain blog yang menyesuaikan negara pengakses situs, maka untuk matched content sendiri ada empat url yang diterima yaitu:

maringenet.blogspot.co.id
maringenet.blogspot.com
maringenet.blogspot.my
maringenet.blogspot.sg

Keempat url tersebut pada dasarnya adalah sama-sama menuju ke blog Mari Ngenet ini. Jadi sama saja dan tidak masalah.

Saya pun berhasil meletakkan fitur matched content di blog dan mencoba melihat hasilnya.


Adsense Matched Content dan Blogspot.co.id

Setelah beberapa hari saya perhatikan, ada yang aneh dengan tampilan matched content di maringenet.blogspot.co.id. Rekomendasi yang muncul, kebanyak bukan artikel yang berasal dari blog ini. Semula saya berpikir, jika bukan dari blog ini, berarti adalah iklan.

Tapi setelah saya bandingkan dengan blog para master, tampilan iklan tidak seperti itu. Tampilan iklan biasanya ada tulisan iklan atau advertisement. Jumlahnya biasanya cuma tiga dan hanya saya temukan pada situs-situs terkenal.

Jika bukan iklan, lalu rekomendasi apa yang muncul yang bukan berasal dari blog saya?

Saat akan posting artikel, biasanya saya melakukan preview dulu untuk melihat bagaimana tampilannya. Saat proses preview, tidak terjadi direct domain, sehingga urlnya adalah maringenet.blogspot.com. Saat preview, tampilan rekomendasi matched content semua berasal dari blog saya.

Saya mencoba memikirkannya dan kesimpulan yang saya ambil adalah:
  • Untuk domain maringenet.blogspot.co.id tidak banyak laman yang diindeks atau diakui oleh google. Oleh karenanya saat memperlihatkan rekomendasi, google merasa jumlah laman unik terbatas. Akibatnya rekomendasi yang ditampilkan justru diambil dari situs atau blog publisher adsense lainnya. Dan sayangnya, ini bukan iklan.
  • Untuk domain maringenet.blogspot.com memiliki jumlah laman unik yang dianggap mencukupi. Oleh karenanya matched content menampilkan rekomendasi yang berasal dari blog ini sendiri. Meskipun, blog ini masih dianggap belum layak untuk menampilkan iklan.

Berdasarkan pemikiran di atas, penggunaan matched content di maringenet.blogspot.co.id tidak akan membawa kebaikan pada blog ini. Meskipun pada hasil penelusuran google yang muncul adalah maringenet.blogspot.com, saat alamat diklik, pembaca yang berada di Indonesia akan dialihkan ke maringenet.blogspot.co.id.

Untuk memanfaatkan fungsi matched content dari google adsense itulah, akhirnya saya memutuskan untuk melakukan redirect dari blogspot.co.id ke blogspot.com.

Cara Redirect dari Blogspot.Co.Id ke Blogspot.Com

Mencari cara melakukan redirect blogspot di google tidaklah sulit. Sudah banyak yang menjelaskannya. Adapun kode yang saya gunakan hanya mengikuti apa yang ada.

Masuk ke dasboard blogger
Pilih template/tema
Klik Edit HTML
Cari kode <head>
Letakkan kode berikut di bawahnya

<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>

Dengan adanya redirect ini, kini pengunjung blog ini akan menemui alamat maringenet.blogspot.com. Apakah ada kemungkinan untuk menghilangkan redirect dikemudian hari masih belum terpikirkan.

Dari sekian panjang tulisan ini, mungkin kebanyakannya adalah curhat penulis sendiri. Karena pada dasarnya hal ini hanya akan dialami oleh blogger yang menggunakan domain gratisan seperti saya. Adapun pengguna domain TLD tidak perlu diribetkan oleh hal ini.

Demikianlah pembahasan tentang blogspot.com atau blogspot.co.id serta matched content. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon