Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Browsing di Android

Dengan semakin banyaknya pemakain internet, para provider pun berlomba-lomba menawarkan harga paket data yang semakin bersaing. Meski begitu, hal tersebut tidak mengurangi para pencari wifi gratis. Termasuk saya, saat ada pilihan antara wifi dan paket data, tentu saya memilih wifi.

Tahun ajaran baru kali ini terdapat sedikit perubahan pada saya di tempat kerja. Lebih tepatnya perubahan posisi kantor yang biasa saya tempati saat tidak mengajar. Meskipun kenyataannya masih berada di sekolah yang sama.

Karena berbeda lokasi, maka jaringan wifi yang tersedia juga berbeda. Namun dengan password yang sama, HP saya masih bisa terhubung atau connected.

Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Browsing di Android

Yang kadang bikin geregetan adalah, meskipun wifi sudah terhubung, saya tidak bisa browsing di HP android. Bukan hanya browsing, tapi BBM, Line, WhatApp, dan pesan dengan jaringan internet lainnya juga tidak bisa masuk. Ujung-ujungnya, saya matikan wifi dan gunakan paket data yang ada.

Herannya adalah, teman-teman saya yang lain bisa bebas ber wifi ria. Apa yang salah dengan HP saya? Padahal selain tanda wifi telah terhubung, jaringan yang ditangkap juga sangat kuat. Sayang tidak bisa digunakan apa-apa.

Saat mencoba menghidupkan laptop, wifi juga terhubung. Ternyata tidak ada masalah dengan jaringan wifi di laptop. Saya bisa browsing dan update blog. Padahal laptop dan android menggunakan wifi yang sama. Tapi di android tetap tidak bisa digunakan.

Kemungkinan Penyebab Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Browsing di Android

Saat mengeluhkan masalah jaringan di HP saya, salah seorang teman saya mengatakan, mungkin karena saya terbiasa menggunakan wifi di kantor lama. Akibatnya, saat dihubungkan dengan wifi di kantor sekarang, jadi susah dan tidak bisa dipakai browsing.

Saya coba menghubungkan dengan wifi kantor yang dulu. Kebetulan sinyalnya juga sampai di kantor sekarang. Tapi karena jaraknya yang jauh dan sinyalnya yang lemah, ujung-ujungnya saya kembali menggunakan paket data sendiri.

Salah satu teman yang lain mengatakan mungkin karena kuota pemakai wifi terbatas. Jika kuota pemakai wifi hanya 15 orang, maka orang yang ke 16 dan seterusnya, meskipun terhubung dengn wifi, tidak akan bisa untuk browsing.

Sepintas alasannya bisa diterima. Tapi saat saya bisa browsing lewat laptop dan tidak bisa lewat HP, maka teori tersebut jadi terbantahkan. Alasannya karena wifi di HP lebih dulu terhubung dari pada di laptop. Dengan kata lain urutan nomor tidak berlaku. Selain itu teman yang lain yang baru datang juga bisa browsing, sedangkan saya tidak.

Selama beberapa hari saya lebih sering menggunakan paket data three. Hari ini saya kembali mengotak atik wifi di HP. Masih penasaran aja, apa yang salah dengan pengaturan di HP saya.

Sempat berpikir untuk menghapus semua wifi yang tersimpan di HP. Tapi saya tidak menemukan pengaturannya.

Saat sedang otak-atik wifi yang terhubung, saya mengklik tampilan detail. Di sana terlihat bahwa pengaturan IP statis dalam keadaan On.

Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Browsing di Android

Jika tidak salah, IP address adalah alamat yang digunakan oleh pengguna ketika mengakses internet. Jika IP statis dalam keadaan On maka, ketika saya terhubung ke wifi, maka saya akan selalu menggunakan IP address yang sama.

Saya pun mematikan pengaturan IP statis sehingga berubah menjadi Off. Ketika wifi dimatikan dan dihidupkan kembali, saya memperoleh alamat IP yang baru saat terhubung ke wifi.

Setelah itu, HP saya mulai berbunyi menandakan pesan baru sudah muncul. Rupanya koneksi internetnya sekarang benar-benar telah terhubung. Saya pun mulai bisa browsing di HP android menggunakan wifi.

Penyelesaian Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Browsing di Android

Keesokan harinya ternyata masalah masih belum terpecahkan. Wifi kembali terhubung tapi tidak bisa browsing dan menerima pesan.

Jika saya berpindah lokasi dan terhubung dengan jaringan wifi yang lain, maka koneksi tetap lancar dan tidak ada masalah. Dengan kata lain, HP saya hanya bermasalah dengan wifi di ruang guru.

Hari berikutnya, yang saya lakukan adalah mengklik forget pada wifi ruang guru yang terhubung. Kemudian menyambungkan kembali dengan memasukkan password.

Setelah itu wifi terhubung dan akhirnya saya bisa melakukan browsing dengan lancar. Untuk membuktikan masalah telah teratasi, saya kembali memastikannya pada hari berikutnya.

Dari berbagai hal yang telah saya coba dan lakukan, mengklik forget dan menyambungkan kembali dengan wifi yang bersangkutan adalah pemecahan yang berhasil saya lakukan. Kini saya sudah bisa browsing sesuka hati dengan wifi yang ada.

Demikianlah pengalaman saya ketika wifi terhubung namun tidak bisa browsing di HP android sampai berhasil mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon