Masa Berlaku (Valid Thru) pada Kartu ATM Habis

Kata Valid Thru yang tertera pada kartu ATM menunjukkan masa berlaku suatu kartu ATM. Jika pada kartu tersebut tertulis Valid Thru 01/17 artinya kartu tersebut masih bisa digunakan untuk bertransaksi di ATM sampai bulan Januari 2017. Pasa bulan Februari 2017 kartu tersebut tidak berlaku lagi dan tidak bisa digunakan.

Jika masa berlaku kartu ATM telah habis atau expired, nasabah cukup pergi ke bank terdekat untuk memperoleh kartu ATM baru. Kebetulan saya juga baru saja mengalami terkait kartu ATM BNI Syariah yang saya miliki. Saya pun pergi ke bank BNI Syariah terdekat dengan membawa perlengkapan berupa:

- Buku tabungan
- KTP
- Kartu ATM yang habis masa berlakunya


Di bank, silakan mengantri untuk menemui Customer Service.
Setelah tiba giliran saya, saya katakan ingin mengganti kartu ATM karena masa berlakunya habis.
CS kemudian meminta saya untuk mengisi formulir permohonan kartu ATM baru.
Saya dipersilahkan untuk memilih apakan ingin menggunakan kartu ATM instan atau kartu ATM yang menggunakan nama.
Kartu ATM instan bisa diperoleh langsung hari itu juga
Sedangkan kartu ATM yang menggunakan nama akan selesai paling lambat 20 hari.
Untuk pembayaran administrasi keduanya sama saja, yaitu Rp 10.000,- untuk kartu ATM silver.
Fitur yang ada juga sama saja, perbedaannya hanya pada nama yang tercetak di kartu ATM.

Sebenarnya masa berlaku kartu ATM masih ada sampai akhir Januari. Tapi berhubung saya malas harus balik lagi ke bank jika memilih kartu ATM dengan cetak nama, saya pun memilih kartu ATM instan.

Seperti biasa, CS meminta saya untuk mendaftarkan PIN baru pada kartu ATM. Setelah selesai, saya pun memperoleh kartu ATM baru yang masa berlakunya akan bertahan selama 5 tahun lagi.

Setelah menyelesaikan semuanya, saya pun meminta transaksi lain yang sudah saya niatkan jauh-jauh hari, yaitu mendaftar mobil banking BNI.


Demikianlah pengalaman saya ketika menghadapi kartu ATM yang habis masa berlakunya. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

13 Comments

  1. Oh, ternyata ada masa berlakunya ya, ini bisa jadi informasi baru buat saya.

    ReplyDelete
  2. Klw valid thruu 11_2018 bisa kah sy mnngnti kartu pada bulan 10

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan bisa saja. Silakan datang ke bank.

      Delete
  3. bagaimana dengan saldonya jika atm sudah kadauarsa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saldonya tidak masalah, karena yang kadaluarsa hanya kartu ATMnya. Nomor rekening dan saldo tetap aktif.

      Delete
  4. Klo dr pertama ga pernah di isi saldo Ampe berbulan-bulan trs baru skrng mau di isi saldo apa kah bermasalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya tidak ada masalah. Hanya saja, beberapa rekening biaya bulanan jalan terus dan dipotong dari saldo rekening.

      Delete
  5. maap min saya tanya valid true Atm saya 01/24 maksdnya gimana ya.

    ReplyDelete
  6. Cara mengetahui valid thru mandiri online gmn ya

    ReplyDelete
  7. Kalo ATM saya valid true 07 / 25 masih aktv ngga yah ?

    ReplyDelete
  8. Ka kalo atm sudh abis msa valid thru nya tpi ttp bisa ambil uang nya ga sblum gnti kartu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalo sudah habis valid thru kartu ATM tidak bisa digunakan, kalo mau ngambil uang, harus ke bank atau pakai mobile banking.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar